Minggu, 11 Maret 2012

Bahasa C

Akar dari bahasa C adalah BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richards  pada  tahun  1967.  Selanjutnya  bahasa  ini  memberikan  ide kepada Ken Thompson, yang kemudian mengembangkan bahasa yang disebut bahasa B pada tahun 1970. Perkembangan selanjutnya dari bahasa B adalah bahasa C oleh Dennis Ricthie sekitar tahun 1970-an di Bell
Telephone Laboratories Inc. (sekarang adalah AT&T Bell Laboratories).

Bahasa C pertama kali digunakan di computer Digital Equipment Corporation PDP-11 yang menggunakan system operasi UNIX. C adalah bahasa standar, artinya suatu program ditulis dengan versi bahasa C tertentu akan dapat dikompilasi dengan versi bahasa C yang lain dengan sedikit modifikasi. Kepopuleran C membuat versi-versi yang banyak untuk komputemikro.  Untuk  menstandarisasikannya maka  dibentuk  komite pada tahun 1983 yang menetapkan standar ANSI untuk bahasa C.
Hingga saat  inpenggunaan bahasa C  telah merata di  seluruh dunia. Hampir semua perguruan tinggi di dunia menjadikan bahasa C sebagai salah satu mata kuliah wajib. Selain itu, banyak bahasa pemrograman populer seperti PHP dan Java menggunakan sintaks dasar yang mirip bahasa C.
Adapun Karakteristik Bahasa C yaitu:




a.  Kelebihan

-     Bahasa C tersedia hampir di semua jenis Komputer

-     Kode bahasa C sifatnya adalah Portabel (dapat digunakan di semua jenis komputer).
-     Bahasa C hanya menyediakan sedikit kata-kata kunci

-     Proses executable program lebih cepat

-     Dukungan pustaka yang banyak

-     C  bahasa pemrograman yang terstruktur dan  merupakan bahasa tingkat tinggi, namun dapat pula dikatakan sebagai bahasa tingkat menengah karena mempunyai kemampuan seperti bahasa low level (tingkat rendah).
b.  Kelemahan

-     Bahasa C merupakan bahasa yang cukup sulit dimengerti terutama dalam hal sintaks-sintaksnya

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management